Pengikut

Rabu, 17 Februari 2010

Pilkada Kota P.Siantar Terancam Mundur

Pelaksanaan pemilihan kepala daerah lima kabupaten/kota di Sumatera Utara terancam mundur dari jadwal yang sudah ditetapkan. Kondisi ini terjadi karena pemerintah daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah setempat masih juga belum menyelesaikan pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun 2010, sedangkan kin erja Komisi Pemilihan Umum sangat bergantung pada tersedianya anggaran.

Pilkada yang terancam mundur dari jadwal adalah Kota Binjai, Pematang Siantar, Kabupaten Pakpak Bharat, Labuhan Batu Utara dan Labuhan Batu Selatan.

Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) Irham Buana Nasution, situasi ini menjadi hal serius. Berdasarkan laporan langsung KPU setempat yang terganggu kinerjanya. Irham mengatakan, pilkada di lima kabupaten/kota yang terancam mundur dari jadwal adalah Kota Binjai, Pematang Siantar, Kabupaten Pakpak Bharat, Labuhan Batu Utara dan Labuhan Batu Selatan.

Hingga sekarang, DPRD dan Pemkot Pematang Siantar tak bisa membahas RAPBD 2010. Bupati Pakpak Bharat juga mengatakan, APBD 2010 paling cepat disahkan bulan Maret, padahal pilkadanya digelar bulan Mei. "Labuhan Batu Utara dan Labuhan Batu Selatan juga begitu, penjabat bupatinya mengaku tak siap menggelar pilkada pada bulan Mei karena anggarannya mungkin baru bisa selesai dibahas bulan April," ujar Irham di Rantauprapat, Kamis (7/1/10).

Untuk Kota Binjai, Irham mengatakan, persoalannya memang masih menyangkut belum selesainya pembahasan APBD 2010. "Tetapi lebih dari itu, DPRD Binjai sampai sekarang masih belum dapat menentukan pimpinan definitif sehingga sulit membahas RAPBD 2010," katanya.

Sedangkan untuk Kabupaten Labuhan Batu Utara dan Kabupaten Labuhan Batu Selatan, penjabat bupati daerah pemekaran tersebut kesulitan membahas APBD karena DPRD-nya belum juga terbentuk.

Sesuai jadwal yang ditetapkan KPU Sumut bersama KPU daerah yang menggelar pilkada tahun ini, Kota Binjai dan Kabupaten Pakpak Bharatr dijadwalkan menggelar pilkada 12 Mei, Kabupaten Labuhan Batu Utara dan Kabupaten Labuhan Batu Selatan menggelar pilkada 26 Mei, sementara Kota Pematang Siantar menggelar pilkada pada 9 Juni.

0 komentar:

Posting Komentar