Pengikut

Sabtu, 30 Januari 2010

BANGKIT DARI RASA KEHILANGAN

* Jangan menyesali atau menyalahkan diri sendiri

Jangan pernah menganggap kepergian orang yang kita cintai itu adalah karena kesalahan kita, apapun penyebabnya. Karena hal ini justru akan menambah berat beban kita untuk dapat bangkit dari kesedihan itu. Yakinlah bahwa semua ini hanya takdir yang sudah ditentukan oleh Sang Pencipta dan berusahalah untuk mencari hikmah dibalik rasa kehilangan itu.

* Motivasi diri sendiri

Katakan pada diri anda bahwa “life goes on” dan anda harus menjelang masa depan yang lebih baik, dengan atau tanpa dirinya. Dan lecut diri anda sendiri untuk dapat mewujudkan semua impian itu sebagai tanda cinta anda padanya, meskipun dia tidak lagi bisa melihat keberhasilan anda. Dan ingatlah bahwa masih ada orang lain yang mencintai anda di sekeliling anda yang pasti akan bangga melihat keberhasilan anda itu.

* Kembali fokus pada tujuan hidup dan impian anda

Mungkin dulu, sewaktu orang yang anda cintai itu masih ada di sisi anda, anda mempunyai impian dan rencana yang ingin anda wujudkan bersama. Sekarang, ketika dia tidak ada lagi di sisi anda, tetaplah fokus untuk dapat mewujudkan impian itu, dan jadikan itu wujud dari cara anda membalas kesalahan yang mungkin pernah anda lakukan padanya ketika dia masih hidup. Raihlah impian itu dan katakan pada diri anda, “I’ll do this for you..”

* Melihat ‘ke bawah’

Lihatlah kehidupan orang-orang yang lebih susah daripada kita. Resapi bagaimana mereka bisa bertahan hidup dengan keadaan yang jauh lebih menyedihkan daripada kita. Ingatlah bahwa kita bukan sau-satunya orang yang merasakan kesedihan, dan jangan pernah berpikir bahwa kita adalah orang yang paling malang di dunia karena perasaan seperti itu justru akan menjadikan kita orang yang tidak bersyukur atas nikmat yang masih diberikanNya.

* Beramal

Bantulah orang-orang yang membutuhkan, berikan sumbangan atau zakat pada anak yatim piatu atau panti asuhan. Beramal dapat memperkuat rasa syukur.

* Dekatkan diri pada Sang Pencipta

Sebagai manusia biasa kita tidak akan pernah lepas seutuhnya dari rasa sedih akan kehilangan itu. Ketika rasa sedih itu kembali menghimpit dan tidak ada hal lain yang dapat mengusirnya, maka dekatkanlah diri pada Sang Pencipta. Beribadahlah, menangislah padaNya, sesali dosa-dosa anda, minta diberi kekuatan dalam menghadapi kerasnya hidup, mintalah agar anda dapat meraih keberhasilan yang dapat anda persembahkan pada orang yang anda cintai namun telah pergi itu, dan mintalah agar Dia mengampuni semua dosa yang telah diperbuat oleh orang yang anda kasihi itu.

Ingatlah bahwa semua yang terjadi dalam hidup ini sudah ada yang mengaturnya, tinggal bagaimana kita mengambil hikmah dalam setiap kejadian yang kita alami. Karena di balik keburukan pasti ada kebaikan, sebaliknya di balik kebaikan juga ada keburukan. Satu hal lagi, jangan pernah berburuk sangka pada Tuhan dengan mengatakan bahwa semua ini terjadi karena Tuhan tidak menyayangi kita. Tapi yakinlah bahwa justru Tuhan memberi ujian dan cobaan yang berat pada umat yang dicintai-Nya agar dapat mengambil hikmah dan menjadi insan yang lebih baik. Selamat berjuang!

0 komentar:

Posting Komentar